ASUS AI Jalan Ninjaku Untuk Mencapai Target Zero Accident

Di timeline media sosial instagram banyak bermunculan informasi banyak perusahaan yang melakukan restrukturisasi dengan mengurangi tenaga kerja karyawannya ( PHK Karyawan ). Dengan pengurangan tenaga kerja menjadikan perusahaan melakukan banyak kebijakan salah satunya adalah dimana sebelumnya suatu pekerjaan ini seharusnya dikerjakan oleh 2 orang sekaligus sekarang dihandle dengan 1 orang saja.

Saat acara pernikahan saudara ada teman yang bekerja di pabrik tekstil yang saya anggap sangat besar di kota Malang, namun dunia tekstil sekarang cukup suram di Indonesia karena ada tekanan persaingan produk dari luar yang harganya cukup murah dengan kualitas hampir sama yang akhirnya pabrik tekstil lokalan kena dampaknya. Dia bercerita bahwa pabrik tekstilnya tempat dia bekerja melakukan restrukturisasi, sehingga di zona nyamannya dia harus bekerja dengan melakukan tugas utamanya sekaligus juga bekerja tugas tambahan dari rekan kerjanya yang kena dampak restrukturisasi.

Salut sama teman saya yang masih kerja dengan bertahan untuk terus mencari cuan di pabrik tekstil tersebut meskipun menjalani multi jobs, karena dia tahu dunia kerja di Indonesia cukup ketat dan banyak pesaingnya. Saat melamar kerja pasti mulai dari nol dan penuh perjuangan setiap melewati tiap posko tes.


Melihat kondisi dunia kerja saat ini menjadi hal lumrah bila di suatu perusahaan menerapkan sistem pekerja memiliki multi jobs yang terkadang menjadi suatu beban. Tapi dibalik multi jobs tersebut yakinlah bahwa disitulah ujian yang akan dinilai atasan dan dibalik beban kerja yang bertambah disanalah akan ditemui banyak ilmu yang tidak akan kamu temui dibangku sekolah maupun kuliah.

Begitu juga dengan pekerjaan saya bersama rekan staff yang kita geluti saat ini sebagai kuli IT yang tiap hari menerima keluhan masalah IT,  seperti maintenance server, komputer tidak mau nyala, tidak bisa terima dan kirim email, CPU tidak bisa masuk jaringan, printer blink, printer hasil jelek, telpon tidak berdering, suara telpon yang kemrosok, cek rekaman CCTV dan banyak keluhan lainnya yang saat ini sudah menjadi asupan energi kita dalam bekerja.

Sekian lama bergelut dengan hingar bingar dunia IT, 2 tahun lalu satu lagi amanah yang harus saya terima yang mengurusi dunia Kesehatan dan Keselamatan Kerja ( K3 ). Tentunya dalam hati dunia K3 ini sangat berseberangan dengan dunia IT, kalau dunia IT yang kita urusi adalah benda mati yang bisa dikendalikan, namun untuk dunia K3 kita berurusan dengan manusia, aturan dan nyawa tenaga kerja.

Sebelumnya dikursuskan secara online untuk menjadi Ahli K3 Umum, setelah 1 minggu pelatihan online akhirnya bisa lulus tes dan siap bekerja untuk membantu perusahaan tempat saya bekerja untuk mengejar target Zero Accident, kelayakan tempat kerja dan kesehatan yang baik tercapai.
lencana K3 sebagai tanda kehormatan menjalankan peran sebagai ahli K3 umum

Tugas pertama sebagai Ahli K3 Umum adalah mengidentifikasi bahaya dan menganalisa resiko area kerja di setiap tempat diperusahaan. Dibuatkan laporan dan terus lakukan perbaikan berkesinambungan agar bahaya dan resiko yang ada ditempat bisa diminimalisir. Kelayakan K3 di sebuah perusahaan adalah mengacu pada undang - undang dan peraturan menteri tenaga kerja / menteri kesehatan yang semuanya sudah ditetapkan oleh negara. Semuanya diatur dan dijamin oleh negara agar keselamatan dan kesehatan bagi tenaga kerja terjamin dengan begitu perusahaan harus memastikan kepatuhannya dengan berbagai aturan yang ditetapkan sesuai dengan undang - undang yang berlaku.

Selain berkutat dengan undang - undang kepatuhan K3 aktivitas sehari-hari selain IT sekarang juga bertambah mulai dari sering keliling diseluruh area perusahaan untuk melihat dan menganalisa apakah ada area kerja yang berpotensi menjadi penyebab kecelakaan kerja. Juga sering membuat design poster atau tulisan himbauan untuk mencegah kecelakaan kerja agar target Zero Accident tercapai maupun untuk menjaga kesehatan di tempat kerja. 
zero accident progres turun, sumber : create by copilot

Sekarang mulai juga belajar banyak tentang aplikasi Corel Draw, Photoshop dan yang lagi trend pakai canva. Terkadang juga ada kegiatan seminar K3 online yang diadakan berbagai instansi, rumah sakit baik secara offline maupun online, terutama bulan februari yang merupakan bulan K3 pasti banyak kegiatan dibulan tersebut.
mulai terbiasa design banner / tulisan dengan canva

Lama - lama saya ada kendala sering kesulitan cari clipart / gambar yang diinginkan, adapun gambarnya sudah sesuai judul ternyata harus berbayar dulu. Begitu juga dengan aturan - aturan yang sangat banyak tentunya perlu ada informasi terbaru / terupdate perihal undang - undang yang terbaru.

AI ( Artificial Intelligence )

Salah satu solusi untuk kendala yang saya alami akhirnya sudah ketemu yaitu menggunakan laptop yang mendukung AI dan laptop itu salah satunya adalah besutan dari ASUS AI. ASUS AI adalah standar laptop AI terbaik dari ASUS. ASUS AI tidak hanya mempermudah masyarakat Indonesia saat memilih laptop AI, tetapi juga memastikan laptop yang dipilih memenuhi standar aplikasi berbasis AI. Seluruh laptop yang hadir dengan logo ASUS AI dipastikan telah memenuhi semua persyaratan sebagai laptop AI.

Apa saja keunggulan laptop ASUS AI :

  • Dibekali prosesor generasi terbaru dengan NPU (Neural Processing Unit).
  • Dilengkapi dengan aplikasi dan fitur berbasis AI seperti Copilot, Windows Studio Effect, dan AI Noise Cancelling.
  • Disiapkan untuk mendukung aplikasi dan fitur AI masa depan.

Beberapa keunggulan laptop ASUS AI dibandingkan dengan kompetitor :

  • Paling lengkap: Hadir dengan pilihan paling banyak, lengkap, dan komperhensif. Mulai dari laptop consumer, gaming, hingga bisnis (commercial).
  • Durabilitas tinggi: Semua laptop ASUS AI mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan US Military Grade (MIL-STD-810H).
  • Desain modern, lebih tipis, dan lebih ringan dengan ketebalan paling tipis 1 cm dan bobot paling ringan 1 kg.
  • Dibekali layar ASUS Lumina OLED yang merupakan standar layar premium terbaik.
  • Dibekali port dan konektivitas paling lengkap, masih menyertakan USB Type-A, HDMI, dan 3.5mm Combo Audio Jack.

Laptop ASUS mana saja yang mendukung ASUS AI, salah satunya adalah Vivobook S 14 OLED. Vivobook S 14 OLED merupakan bagian dari jajaran laptop ASUS AI, standar laptop AI terbaik dari ASUS. Seluruh laptop yang masuk ke dalam jajaran laptop ASUS AI dipastikan tampil sebagai laptop AI dengan dukungan hardware serta aplikasi berbasis AI yang komprehensif. ASUS AI juga mempermudah masyarakat Indonesia dalam memilih laptop AI dan memastikan laptop pilihannya merupakan laptop AI yang sesungguhnya.

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, Vivobook S 14 OLED merupakan laptop berfitur AI dengan dukungan Copilot. Asisten cerdas berbasis AI ini akan membantu Anda mendapatkan jawaban dan inspirasi dari seluruh penjuru internet, mendukung kreativitas dan kolaborasi, serta membantu Anda fokus untuk menyelesaikan tugas-tugas.
perfomance kencang didukung dengan microsoft windows dan microsoft office original
Tidak hanya dilengkapi Windows 11 asli, di laptop juga hadir dengan genuine Microsoft Office Home & Student 2021 untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang hari. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan menemukan cara kerja terbaik Anda.

Salah satu varian Vivobook S 14 OLED yang sangat cocok dan harga bersaing adalah Vivobook S 14 OLED (M5406), yang didukung oleh prosesor besutan AMD Ryzen™ 7 8845HS Processor 3.8GHz (24MB Cache, up to 5.1 GHz, 8 cores, 16 Threads) with AMD Ryzen™ AI up to 38 TOPs.

Kenapa Vivobook S 14 OLED (M5406) Cocok bagi saya yang notabene menjadi jalan ninjaku untuk mencapai target zero accident ?

1. Laptop menggunakan Prosesor generasi terbaru yang mendukung keberadaan komponen NPU ( Neural Processing Unit ) yang terintegrasi, menjadikan laptop ini siap menghadapi era kecerdasan buatan Artificial Intelligence( AI) dengan kapabilitas yang dioptimalkan. NPU ini memungkinkan laptop untuk menjalankan tugas-tugas yang berbasis AI dengan lebih efisien, memberikan pengalaman pengguna yang mulus dan responsif.

Keberadaaan NPU sangat berperan penting bagi saya untuk menunjang berbagai aktivitas mulai dari teleconference meeting dengan zoom atau microsoft teams bisa mengeblur background belakang yang jalan sangat efisien dengan NPU tanpa perlu menyuruh GPU dan CPU yang semakin menambah bikin cepat boros daya di laptop.

Sering saya ambil screenshot di web untuk saya ambil gambar fotonya lalu di edit di aplikasi photoshop / canva, nah aplikasi screenshot favorit saya adalah pakai Snipping Tool yang bagi saya begitu powerful. Bisa mulai menghapus background foto dan yang canggih bisa mencopy text pada file foto.

2. Memiliki segudang fitur AI, mulai fitur Copilot yang terintegrasi dengan sistem windows 11 dan memiliki tombol mandiri di keyboard yang memudahkan saya mencari artikel tentang aturan - aturan K3. Saya akui fitur copilot memberikan hasil jawaban pertanyaan yang lebih efektif dan to the point ketimbang pakai search engine yang harus mencari sendiri tiap jawabannya dari hasil pencarian web yang muncul. Dengan copilot menjadikan kerja lebih efektif dan tuntas dalam mencari jawaban pertanyaan tanpa perlu lagi membuat rangkumannya.
tombol copilot dedicated

Apalagi copilot sudah mendukung pembuatan gambar yang sesuai dengan permintaan saya, tanpa perlu ribet bayar hak ciptanya. Sangat membantu saya setiap membuat tulisan, banner himbauan K3 tinggal minta dan jadi deh.
copilot bisa membuat gambar dilarang meludah
Fitur AI lainnya yaitu adanya AI Noise Cancelling yang sangat membantu saat aktifitas teleconference dengan zoom atau microsoft teams agar suara bising diluar bisa diminimalisir.

3. Menggunakan Layar ASUS Lumina OLED yang menjadikan saya betah beraktifitas depan laptop saat desain dan membaca peraturan undang - undang yang sebegitu banyaknya. Saya betah karena ASUS Lumina OLED ini salah satunya adalah mampu mengurangi 70% pancaran sinar biru dari layar yang menjadikan mata tetap sehat dan juga yang pasti layarnya lebih akurat warnanya, lebih tajam.
layar dengan ASUS Lumina OLED

4. Pertama kali varian ASUS Vivobook S 14 OLED (M5406) memiliki keyboard RGB layaknya sebuah laptop gaming yang cukup menarik saat nyala di kondisi minim cahaya. Untuk cahaya RGBnya juga bisa diatur sendiri sesuai dengan mood.
keyboard RGB

SPESIFIKASI
Main   Spec.
Vivobook S 14 OLED (M5406)
CPU
Up to AMD Ryzen™ 7 8845HS Processor   3.8GHz (24MB Cache, up to 5.1 GHz, 8 cores, 16 Threads) with AMD Ryzen™ AI up   to 38 TOPs
Operating System
Windows 11 Home
Memory
16GB LPDDR5X
Storage
512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD
Display
14-inch ASUS Lumina OLED, WUXGA (1920 x   1200) 16:10, 60Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA   CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker
Graphics
AMD Radeon™ Graphics
Input/Output
1x USB 3.2 Gen 1 Type-C support display /   power delivery, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 4.0 Gen 3 Type-C support   display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro   SD card reader
Connectivity
Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 +   Bluetooth® 5.3
Camera
FHD camera with IR and Ambient Light Sensor   function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect
Audio
Smart Amp Technology, Built-in speaker,   Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery
75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension
31.05 x 22.19 x 1.39 ~ 1.59 cm
Weight
1.30 kg
Price
Start from Rp13.799.000
Warranty
2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS   Perfect Warranty

Ulasan dari awal sampai akhir ada 3 point penting yang saya kemukakan yaitu :
  1. Jangan pernah menyerah atau memberontak meskipun kita diberi multi jobs di posisi zona nyaman, karena di zona nyaman itu banyak orang yang mengincarnya.
  2. Diberi tugas multi jobs menjadikan kita bertambah ilmunya dan kerahkan semua instrument untuk mendukung multi jobs ini.
  3. Vivobook S 14 OLED (M5406) merupakan salah satu instrument yang akan mendukung aktifitas multi jobsmu, manfaatkan dan maksimalkan terutama keberadaan ASUS AI sangat - sangat membantu sekali aktifitas multi jobsmu.

" Artikel ini diikutsertakan pada Question and ASUS Blog Writing Competiton di Blog Oom Yahya "

You might also like

0 Comments

Jangan Nyepam Yah..:)